Sunday, April 10, 2016

HIDUP MANDIRI

" HIDUP MANDIRI "

Seorang anak bertanya kepada ayahnya: "Temanku memiliki ayah yang membiarkan nyamuk menggigit tangannya sampai kenyang, maksudnya supaya nyamuk itu tak akan menggigit anaknya karena sudah kenyang. Apakah ayah juga  akan begitu ?"

Ayah : ...."Tidak nak, ayah akan mengejar setiap nyamuk sepanjang malam, supaya nyamuk itu tidak sempat menggigit siapapun juga termasuk engkau nak.."

Anak : ..."Aku pernah membaca tentang seorang ayah yang rela tidak makan agar anak2nya bisa makan kenyang.  Apakah ayah akan begitu juga ?"

Ayah :...."Tidak nak, Ayah akan bekerja keras agar agar kita semua bisa makan dengan kenyang & kamu tidak harus menjadi sulit menelan karena merasa tidak tega melihat ayahmu sedang menahan lapar".

Sang anakpun tersenyum lega dan merasa bangga terhadap ayahnya :

Anak : ..."Jadi yah, aku bisa selalu bersandar padamu kan?" 

Sambil memeluk anaknya  sang ayah berkata : "Tidak nak, ayah akan MENGAJARIMU berdiri kokoh di atas kakimu sendiri, supaya engkau tidak  jatuh tersungkur ketika suatu saat kelak, ayah harus pergi meninggalkanmu".

Saudaraku, Orang tua yang bijak, bukan hanya berhasil menjadikan dirinya tempat bersandar, tetapi juga mampu membuat sandaran tersebut tidak diperlukan lagi...!

No comments: